Monday, July 11, 2016

Gak ada alasan untuk gak bersyukur


Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Begitu kata seorang teman
Menohok. Dalam...
Bikinku merenung tentang bersyukur
Tersentak, tiba-tiba sadar, bersyukur itu bukan sekedar ucapan hamdalah, atau sekedar bilang terima kasih Tuhan
Tapi bersyukur juga dengan segala sendi yang ada di tubuh, membuat tubuh ini berdaya
Melakukan apa yang seharusnya dilakukan
Dan menjauhi semua yang seharusnya tidak dilakukan
Membuat diri ini jadi berguna
Bukan cuma buat diri sendiri, keluarga, dan handai taulan
Tapi juga buat semesta!
Seperti yang pastinya diinginkan Tuhan
Tapi rasanya...masih jauuuh itu dari jangkauanku

Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Sontak bikin diri ini terpekur di atas sajadah
Yang tak kunjung terbentang dengan sempurna
Yang kadang menanti dengan sia-sia
Padahal, usia sudah dijamin tak kian panjang
Tiap tahun, usia akan diambil oleh Yang Empunya
Lalu, apakah aku masih punya banyak waktu?
Yang sering kuhabiskan untuk bermain di dunia

Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Ya Tuhan...padahal setiap detik, Kau peluuuuk aku
Setiap detik Kau sayangi aku
Tak pernah sedetikpun Kau tinggalkan aku
Padahal, ada saat-saat aku lupa bahwa Kau adalah pendamping yang lebih setia daripada sebaik-baiknya kekasih di dunia
Tapi aku tahu Kau tetap saja melangkah di dekatku

Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Karena gak ada alasan buatMu, Tuhan, untuk menunggu aku berlari kembali ke pelukanMu
AKU yang butuh Engkau
AKU yang tidak akan bisa apa-apa tanpa Engkau
AKU yang bahkan bisa jadi lebih lemah daripada coro 
Yang konon kabarnya adalah serangga paling tangguh di muka bumi
TanpaMu, aku ini apa?? - coro pun mungkin ketawa...

Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Tuhaaannn....pantas rasanya kau dera saja aku dengan cambukMu!
Aku takut pada murkaMu, tapi aku juga tahu kadang tak pantas tetap Kau cintai aku!
Tapi tetap Kau limpahkan kasihMu padaku...
Apa lagi alasanku buat berkelit?

Gak ada alasan untuk gak bersyukur
Kalau boleh aku (masih saja) meminta
Jangan kau panggil aku kembali, Tuhan
Di saat belum jenak aku bersyukur padaMu...
Jangan panggil aku kembali, Tuhan
Jika belum mampu aku bersyukur 
Dengan memenuhi bahkan sebagian dari tugasku berjalan di muka bumi ini...
Aamiiiin


(kadang-kadang, obrolan santai bisa memicu emosi terdalam. Terima kasih, sahabat, untuk ucapan sederhana dengan makna yang demikian dalam... Ini saya tulis buat semua sahabat yang dengan segenap kasih sayang Tuhan sudah mengingatkan saya akan banyak kealpaan saya. Tuhan memang Maha Pengasih telah mengirimkan setiap dari kalian dalam hidup saya. Dan masih adakah alasan untuk gak bersyukur?...)

(R I R I)

No comments:

Post a Comment

Bayangkan

Saat saya menulis ini, Indonesia sedang mengalami badai kedua (atau bahkan ketiga?), yang mengakibatkan naiknya kasus dan tingkat kematian, ...

Popular Posts