Wednesday, June 17, 2015

Nusa Lembongan, Ceningan dan Penida – Saudara kandung Bali yang (belum) setara

Bali, tidak asing sebagai destinasi. Tapi kalau saudara-saudaranya, pulau-pulau yang bertetangga dekat dengan Bali: Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, belum pernah sekalipun kami bertandang kesana walaupun sering baca dan dengar cerita teman-teman.

Liburan pendek kali ini, yang terpaksa jadi pendek karena pekerjaan, akhirnya kami memutuskan untuk menyambangi salah satu diantaranya.

Awalnya kami menimbang untuk menginap di Nusa Penida. Ada tempat penangkaran burung endemik Bali di pulau ini yang menyediakan penginapan juga, dan buat kami pilihan itu unik dan sepertinya menarik untuk anak-anak. Tapi setelah kami pelajari lagi, the fact bahwa Nusa Penida adalah pulau yang paling belum terbangun dari ketiga rangkaian pulau ini, kami akhirnya memilih untuk menginap di Nusa Lembongan. Kalau tidak dengan anak-anak mungkin akan jadi lain ceritanya.

Perjalanan dari Sanur ke Nusa Lembongan cuma makan waktu 30 menit. Ada banyak pilihan operator kapal cepat dari Sanur. Kami memilih Scoot.

We did not have too many expectations, kecuali: pantainya sepi, pasir yang putih, laut jernih berwarna tosca, dan buat saya pribadi: terumbu karang dan kehidupan bawah air yang indah. Selebihnya, seperti biasa kami menyerah pada nasib.

Jalan kaki, sewa motor, atau, sewa buggy!

Di ketiga pulau ini jangan harap anda akan dimanjakan oleh tempat penyewaan mobil dimana-mana seperti di pulau Bali. Mobil hanya dimiliki oleh para pemilik usaha. Itupun mobil bak yang disulap jadi mobil penumpang. Para tetua adat di ketiga pulau sepakat bahwa jumlah mobil harus dibatasi. A very wise decision, if you ask me.

Dari berbagai referensi yang kami baca, itu artinya pilihan kami cuma jalan kaki atau sewa motor. Kami pikir, ah OK lah. Jalan kaki harusnya bisa. Sepertinya dari bahan yang kami baca pulau ini tidak sulit untuk dinavigasi ataupun dijalani.

Tiba di Jungut Batu, kami naik mobil bak dari Scoot untuk diantar ke hotel. Baru deh, sadar, hmmm...sepertinya tidak semudah itu jalan kaki di Nusa Lembongan, ataupun di semua pulau ini.

Ketiga pulau ini mempunyai kontur berbukit-bukit. Dan walaupun memang ada jalan-jalan setapak yang ‘terbuat’ dengan sendirinya karena dilalui orang untuk beach hopping, tapi ternyata ya tidak ada penunjuk arah. Kalau tidak ada anak-anak terutama balita, masih bisalah dijalani. Tapi dengan Lila yang baru 4 tahun, dan Tara yang masih suka ngomel kalau diajak jalan kaki terlalu jauh, rasanya jalan kaki nggak bisa jadi pilihan.

Karena saya nggak bisa mengendarai motor, akhirnya kita sepakat cari 2 tukang ojek aja untuk besoknya keliling pulau dan beach hopping.

Kami menginap di sebuah hotel di Tamarind beach (saya nggak ngerti kenapa, kecuali Jungut Batu, semua pantai di pulau ini diberi nama dengan bahasa Inggris. Saya nggak percaya nggak ada nama lokalnya. Nggak sempat nanya juga sih. Tapi gemes juga semua pantainya berbahasa Inggris. Hello...ini pulau punya siapa sih?).

Setelah tidur-tiduran di hotel, sore itu setelah matahari agak ramah sedikit, kami coba jalan kaki ke pantai sebelah: Mushroom beach.

It was an easy walk dari Tamarind ke Mushroom beach. Walaupun saya nggak dapat pemandangan sunset yang spektakuler, tapi ada di pantai sepi berpasir putih ini rasanya damai sekali.

Kami makan malam di Cafe Bali di Mushroom Beach ini. Dengan open setting, tempat ini membuai sekali untuk berlama-lama

Naaahhh....waktu kami akan kembali ke hotel, kami menemukan ‘harta karun’. Ada sebuah papan yang bertuliskan ‘Sewa Buggy’. Ini dia!. Kamipun bertanya pada pemiliknya. Harga sewa sehari memang mahal dibanding sewa mobil biasa di Bali, Rp 800.000 dari jam 9 sampai jam 5. Kami tidak nawar harganya, tapi kami tawar lamanya. Akhirnya mereka bersedia melepas buggy dari jam 9 sampai jam 7 malam.

Tadinya Cip sedikit kuatir buggy ini tidak kuat untuk naik turun karena beberapa tanjakan memang lumayan curam. Tapi hebat sekali ternyata benda ini, it went up and down effortlessly!. Thanks to it, kami jadi bisa keliling Nusa Lembongan dengan sedikit nyaman.

A lesser Bali, but not less beautiful...

Terus mau ngapain di Nusa Lembongan?. First of all: beach hopping!.

Namanya juga pulau, yaaa dimana-mana pantai dan within short reach semua (apalagi pakai buggy...hehehehe).

Kalau saya ditanya mana pantai yang paling berkesan buat saya, mungkin Dream beach, karena 3  hal: walaupun ombaknya keras dan bikin sedikit serem untuk nyelupin badan tapi ombak yang berkejaran ke pantai dan pantai berpasir lembut itu bikin betah banget, sunset di balik bukit sebelahnya itu cantiiiik sekali, dan, dekat dengan pantai ini ada Devil’s Tear (tuh kan, bahasa Inggris lagi...): jurang-jurang karang dengan hempasan ombak yang kuat sekali. Kalau dapat sudut yang pas, kombinasi sinar matahari dan percikan air laut itu membentuk pelangi...cantik banget.

Dream beach - ombaknya memang keras, tarikannya kuat

Nggak berani ke tengah karena tarikannya kuat sekali disini

Devil's Tear - pukulan ombak ke karang-karang ini kenceeeng banget. Berdiri di sampingnya pasti lama-lama basah

naaahhh kalau pas anglenya, selalu ada pelangi :)

Sunset dari cafe yang ada di Dream beach ini

Yang agak jadi catatan sedikit sedih buat kami sih ini: semua pantai yang cantik itu selalu sudah dikuasai oleh villa-villa dan restoran-restoran mahal. Untungnya semua pantai masih bisa diakses umum. Semoga aja begitu terus. Cuma yaaa....hihi....agak sedikit risih juga sih.

Ini Jungut Batu. Mungkin yang paling open space dari semua pantai di Nusa Lembongan. Di bagian yang ini tempat kapal-kapal berlabuh dan sibuk kalau pagi. Tapi kalau siang, lebih sepi. Yang lebih sepi lagi sebetulnya yang lebih ke arah hutan mangrove. Kami lewat tapi tidak mampir ke bagian itu

Disini ombaknya tenang sekali, dangkal dan landai sampai ke tengah jadi aman kalau anak-anak mau berenang. Cuma ada sedikit karang-karang kecil di dasarnya jadi ya mungkin perlu sepatu pantai :)

Apalagi waktu kami mampir ke Sunset Beach (ini sebelahnya Dream Beach). Picture this: pasangan dengan 2 anak, yang satu asik main pasir, satu lagi asik gegayaan, dan emak bapaknya berdiri menantang ombak, dan di belakang kami adalah sebuah beach club yang modelnya seperti El Kabron di Jimbaran (yang nggak gw banget lah...) yang dipenuhi oleh horang kayah yang lagi leyeh-leyeh. Tapi ya secara urat malu kami ini udah terlatih ya bodo amat sih. Nggak ada yang ngusir juga (untungnya).

Sunset beach dengan beach club di tengah dan beberapa private villas di kanan kirinya. Semoga tempat ini nggak tiba-tiba ditutup untuk umum suatu hari nanti...

Selain beach hopping, bisa nyebrang ke Nusa Ceningan dan exploring pulau itu. Cuma ya itu, harus naik motor atau jalan kaki, buggy tidak bisa nyebrang. Option of jalan kaki langsung ditolak mentah-mentah oleh anak-anak yang udah seharian beach hopping jadi kami cuma nyebrang lirak lirik di atas 'Yellow Bridge' yang menyambung Nusa Lembongan dan Ceningan.

Yang menarik adalah daerah menuju jembatan kuning yang menyambungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan adalah daerah pertanian rumput laut. Waktu kami lewat di pagi hari, laut masih pasang naik jadi kami nggak ngeh dimana rumput lautnya. Tapi waktu kami lewat lagi di sore hari, laut surut dan baru deh sadar itu rumput laut semua.

The yellow bridge - yang cuma muat motor atau jalan kaki. Jembatannya berderak-derak dan goyang-goyang kalau dilewati, lucu rasanya :)

Setelah puas beach hopping di hari kedua, di hari terakhir kami memutuskan untuk snorkeling.

Snorkeling trips ini pilihannya macem-macem. Yang paling ‘mainstream’ adalah ke 3 titik: Mangrove Point di ujung Nusa Lembongan dimana kita juga bisa lihat Nusa Ceningan di kejauhan, Toya Pakeh dan Crystal Bay di perairan Nusa Penida. Sebetulnya katanya bisa lihat manta ray di Manta Point. Tapi hari itu ombak lumayan besar, dan arus cukup kuat sementara saya harus menggandeng Tara yang baru saja bisa snorkeling, jadi kami minta untuk dibawa ke tempat-tempat yang relatif mudah untuk saya menuntun Tara.

By the way perairan Nusa Lembongan dan Nusa Penida ini terkenal dengan arus kuatnya. Jadi kalau rasanya sedang tidak terlalu fit, lebih baik jangan milih Mangrove Point karena lautnya paling terbuka jadi arusnya juga paling kuat. Yang relatif mudah Crystal Bay karena di antara 2 pulau jadi arus juga nggak terlalu heboh.

Soal biaya...tadinya saya pikir kok lumayan mahal ya. Saya sempat nanya di Jungut Batu, mereka kasih harga Rp 150.000 per orang untuk tiga destinasi itu. Sebagai perbandingan waktu kami ke Pulau Menjangan, sewa kapalnya hanya Rp 300.000, dan mencakup 2 titik sekitar pulau.

Karena kami nggak nginep di Jungut Batu, kami memutuskan untuk nanya orang hotel supaya bisa dijemput di depan hotel. Kami di-charge Rp 500.000, satu kapal untuk kami saja, ke tiga destinasi itu. Waktu sudah di jalan itu baru saya sadar jauh juga ternyata. Karena untuk pulang dari Crystal Bay di Nusa Penida ke Tamarind beach, practically itu memutari seluruh Nusa Lembongan. 3 jam total termasuk snorkelingnya.

Kurang lebih begini deh. Starting point dari Tamarind beach, ke tiga titik snorkeling, dan kami praktis memutari Nusa Lembongan dan sebagian Ceningan (garis orange)

And snorkeling is definitely lovely here. Wherever the point was, it was gorgeous.

Bahagia sekali rasanya snorkeling tanpa melihat titik-titik karang yang rusak, kecuali beberapa di Toyapakeh. Menurut bapak yang bawa kapal yang kami tumpangi itu terjadi beberapa tahun lalu dimana orang menjatuhkan sauh tanpa pemahaman tentang terumbu, juga membom ikan. Sekarang sudah teratur....fiuh...thank God. Dan juga tidak ada satupun sampah kecuali sampah alam!. Semoga saja akan bertahan seperti itu selamanya...aamiiin.

Saya memang jadi rese’ banget soal sampah ini kalau sedang snorkeling. Karena pengalaman terburuk saya snorkeling justru di Bali – di Pulau Menjangan. Saya jadi sibuk jadi pemulung karena banyak sampah terseret arus dari Jawa, dan di dasar laut, di antara terumbu, bukan main sampahnya.

Bahkan waktu snorkeling di Belitung pun sudah ada botol-botol dan gelas-gelas plastik, termasuk kantong plastik. Geraaammmm melihatnya...  Jadi sekarang kalau mau snorkeling itu selalu ada deg-degannya. Bukan deg-degan akan ketemu ikan yang serem, tapi deg-degan pemandangan sampah apa yang akan saya lihat tanpa saya bisa melakukan sesuatu tentangnya...nelangsa rasanya lho.

Tara's very first real snorkeling! - bahagia rasanya menggandeng dia, dan dia menikmati rahmat Allah yang satu ini: taman bawah laut

Di Mangrove Point

Nusa Ceningan. Kayak ikan paus terdampar ya bentuknya...hehehe

Toya Pakeh

Crystal Bay

Mereka menyapa sayaaaa :)

Pemandangan kembali ke Tamarind beach juga asik lho...menyusuri tebing-tebing karang sepanjang Nusa Lembongan. Ombaknya juga asoy...hehehe...

Jadi ya mungkin memang pulau-pulau ini ‘terlupakan’ bahkan oleh orang Bali sendiri. Tapi tidak kalah cantik dari saudaranya yang sudah terlalu penuh dan beberapa tempat bahkan sudah jenuh turis. Pergi ke tiga ‘nusa’ ini bisa jadi alternatif untuk yang cari ketenangan.

Kalau bicara soal harga mungkin Nusa Lembongan yang punya indeks harga paling tinggi dibanding 2 nusa lainnya yang less developed. Kami nggak nyambangin Penida dan Ceningan tapi ngobrol dengan beberapa orang tampaknya demikian.

Cuma ya kami merasa harganya masih jauh di bawah resto-resto dan kafe-kafe di Bali yang harganya fantastis bikin mata melotot itu. Contohnya kami makan malam di Cafe Bali di Mushroom Beach berempat sekitar Rp 240.000. Di Bali rasanya kalau judulnya resto di tepi pantai menghadap laut, segitu mungkin hanya untuk 2 orang saja (di El Kabron mungkin cuma dapat minum! :D). Dan rasanya hampir dimanapun kami makan di Nusa Lembongan, dan kami selalu milih tempatnya ya yang tepat di pantai, menghadap laut, ya kira-kira segitulah yang kami keluarkan kalau empat-empatnya makan dan minum. Not a bad deal sih.

Tapi lalu kalau ingat di Gili Trawangan ‘square’ – tempat awal kapal berlabuh di gili ini, ada warung enak banget dengan harga baik banget, yaaaa berasa sih Nusa Lembongan ini lumayan mihil jadinya. Tinggal di pulau, suasana kampung, harga Jakarta...hehe...

Tapi kalau anda bukan termasuk traveler yang manja fasilitas, pecinta pantai dan dunia bawah air, silahkan explore Nusa Lembongan lalu nyebrang ke Ceningan dan Penida sekalian. It’s worth it! (bukan worthed...ehem...). I can assure you they are not less lovely than Bali, walaupun dari segi pembangunan ketiga pulau ini tidak sesemarak Bali (dan saya nggak yakin apakah saya harus mendoakannya supaya sesemarak saudaranya....always a debate, that).

(R I R I)

1. Mas kalo penginapan ada yg pas dengan kantong backpaker ga hehe, terima kasih 😁

2. Replies
    1. Halo! maaf baru ngecek ada pertanyaan... ada banyak backpacker hostels di nusa lembongan ini. sayangnya saya ndak tau pasti namanya apa. tapi di sepanjang Jungut Batu itu banyak sekali.

Bayangkan

Saat saya menulis ini, Indonesia sedang mengalami badai kedua (atau bahkan ketiga?), yang mengakibatkan naiknya kasus dan tingkat kematian, ...